Raih Doktor Ekonomi Syariah UINSU Medan
News.ppsmm.uniki.ac.id. (26/7/2024)
Di hadapan 7 penguji yang merupakan guru besar dan doktor ekonomi islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan, Kamaruddin berhasil secara meyakinkan mempresentasikan dan mempertahankan disertasi bertopik Pengaruh Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty melalui Brand Religiosity Image sebagai variabel intervening pada Nasabah Perbankan Syariah.
Para penguji diantaranya Prof Dr Andri Soemitra, M.A (Promotor), Dr. Nur Ahmadi Bi Rahmani, M.Si (Co-Promotor), Prof Dr Apridar M.Si, Prof Dr H Azhari Akmal Tarigan, M.Ag, Prof. Dr Nurhayati, M.Ag, dan Prof. Dr M Syukri Albani Nst, MA menyatakan Kamaruddin lulus dan berhak menyandang Doktor Bidang Ekonomi Syariah dengan Prestasi Terpuji dengan IPK 3,77.
Sidang terbuka promosi Doktor Ekonomi Syariah, berlangsung selama dua setengah jam di kampus UIN-SU Medan (Jum’at, 26/7/2024).
Prof Andri Soemitra, mengakui Kamaruddin telah menerapkan Konsep dan penerapan islamic marketing dalam perbankan syariah. Konsep islamic marketing memang telah berkembang seiring perkembangan ekonomi Islam itu sendiri, sebut guru besar UINSU dan menjadi promotor Kamaruddin ini.
Juga menurut Prof Apridar, Islamic marketing adalah suatu proses yang menyeluruh dengan menerapkan nilai-nilai Islam, kejujuran dan keadilan . Maka dengan strategi Islamic marketing, bank syariah harus mampu bersaing dalam menarik nasabah untuk meningkatkan market share.
Tambahnya, pada dasarnya persaingan yang sengit antara bank-bank saat ini bukan sekadar menggaet nasabah atau menghasilkan keuntungan semata, tetapi juga tentang bagaimana memenangkan hati para nasabah dan membangun kesetiaan mereka atau sering dikenal dengan loyalitas.
Novelty dari penelitian disertas yang dilakukan cukup panjang, hampir setahun ini pada nasabah Bank Aceh Syariah, menemukan faktor Maqashid syariʻah memiliki peran ganda, sebagai alat kontrol sekaligus perekayasa sosial untuk mewujudkan kemashlatan yang nelandasakan filosofis dari aktivitas ekonomi.
Hal ini memperhatikan variabel customer satisfaction, brand religiosity image dan customer loyalty.
Rekomendasi Kamal (panggilan akrabnya), pihak manajemen bank syariah harus memperhatikan unsur customer satisfaction, customer loyalty dan brand religiosity image. ketiganya memiliki hubungan dalam pemasaran untuk pengembangan perbankan syariah, sebutnya.
Keberlangsungan dan kesuksesan perbankan syariah di masa mendatang, selayaaknua ketiga hal tersebut harus disandarkan pada maqasyid syariah berupa Ar-Rawaj; Al-Wudhuh, Al- Hifzu, Al-Sabtu dan Al- Adlu agar terhindar dari prinsip prinsip yang dilarang dalam agama, urai Kamal.
Pria kelahiran kota Juang Bireuen, dan juga dosen khusus berpangkat Lektor pada Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Aceh ini, sebelumnya memperoleh sarjana di bidang Pendidikan Akuntansi dan S2 Manajemen di USK Banda Aceh. Juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat program Magister Manajemen di kampus tersebut.
Mantan Kepala UPTD Pendidikan Wilayah Jeunib kabupaten Bireuen ini, selama menempuh studi S3, aktif menulis jurnal dan buku bersama rekan di kampus. Redaksi mencatat 3 diantara bukunya banyak disitasi mahasiswa, yakni (1). Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Methods (terbit Juni 2023), Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25 (edisi 2, terbit Maret 2023), dan Ekonomi Islam suatu Pengantar (diterbitkan Januari 2023).
Keberhasilan sidang promosi tersebut, sebut Dr. H. Kamaruddin, MA, tidak terlepas dari bantuan Kepala Riset Kampus Uniki, Dr Azhari, SE M,Si dan teman-teman alumni magister manajemen di kampus tersebut. Juga tak lepas do’a dan support keluarga, khususnya isteri dan anak-anak, pungkasnya.@Az
